Minggu, 22 November 2009

manajemen infomatika

• Pengertian manajemen :
• Manajemen sebagai suatu proses
• Manajemen sebagai kolektiviyas manusia
• Manajemen sebagai ilmu & seni

 Definisi manajemen
Yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan,pengorganisasian,penetapan tenaga kerja,pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam manajemen harus ada :
• Adanya tujuan
• Suatu proses
• Merupakan suatu keahlian
• Adanya pihak yang mengatur dan diatur

 Fungsi-fungsi manajemen

• Planning
• Organizing
• Actuating
• Controlling


Manajenen dan lingkungan eksternal

1.lingkungan makro :para pesaing, tenaga keja, dll
2.lingungan makro : teknologi, ekonomi, politik,dll
Perkembangan teori manajemen

• Teori klasik
Mencurah kan perhatiannya pada perbaikan kondisi kerja supaya dapat meningkatkan keuntungan.
• Teori manajemen ilmiah
Menerapkan cara ilmu pengetahuan dalam memecahkan masalah yang ada di perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar